MBTC adalah singkatan dari Metaphorical Brain Thinking Cluster, yaitu suatu metode asesmen yang digunakan untuk mengetahui dominasi otak seseorang. Asesmen ini didasarkan pada kajian riset dari buku Whole Brain Business Book karya Ned Hermann dan Ann Hermann-Nehdi dan bahwa otak manusia memiliki empat kuadran utama yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal cara berpikir dan bertindak.
Asesmen MBTC melibatkan serangkaian pertanyaan dan aktivitas yang menguji preferensi individu dalam berpikir dan bertindak. Hasil dari asesmen ini akan menunjukkan dominasi otak individu pada salah satu dari empat kuadran utama, yaitu: analitis, organisasi, intuisi dan strategi.
Tujuan dari asesmen MBTC adalah untuk membantu individu dan organisasi mengenali kekuatan dan kelemahan mereka dalam berpikir dan bertindak, serta memberikan pemahaman tentang bagaimana mereka dapat memanfaatkan kekuatan ini untuk mengatasi kelemahan dan mencapai tujuan mereka.
Asesmen MBTC sering digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, dan pribadi untuk membantu individu dan organisasi dalam mengenali potensi mereka dan membuat keputusan yang lebih baik. Ini juga dapat membantu dalam pemahaman dan pengembangan tim, membantu individu dan tim menemukan cara untuk bekerja sama dengan lebih efektif dan mencapai hasil yang lebih baik.