Esensi dari content ini adalah memunculkan kesadaran dan tindakan sebagai seorang pemimpin. Proaktif Insani Mulia tidak mengartikan Kepemimpinan/Pemimpin sebagai sebuah posisi/jabatan melainkan sebagai sebuah kemampuan dari seseorang/Insani untuk melakukan sebuah tindakan dan perubahan yang membuat kehidupan pada dirinya dan lingkungannya menjadi lebih baik. Kepemimpinan lebih dilihat sebagai sebuah kata kerja dan kata sifat yang bisa diadopsi siapa saja dalam peran apa saja. Yang paling utama adalah bagaimana Kepemimpinan mampu memunculkan Potensi Kekuatan Unik di setiap Insani dan Organisasi.

Leadership Angle:

Salah satu kelemahan dan gap kepemimpinan yang terjadi saat ini dari berbagai hasil survey adalah kegagalan para pemimpin menyelami kemajuan teknologi yang berbasis nilai tambah. Artinya menguasai teknologi dengan memanfaatkan teknologi adalah 2 hal yang berbeda. Banyak leader yang hanya sekedar menguasai teknologi namun kurang pandai dalam mengonversikannya kedalam nilai tambah. Kunci utama dalam membangun kepemimpinan salah satunya adalah mampu memahami, mengaplikasikan dan menghubungkan teknologi dengan kebutuhan Manusia.

Mewujudkan hal ini tidak terlepas dari kemampuan Leader dalam memahami “Essentialism” (hal yang esensial); bila kita lihat apa yang membuat “Nike” dan “Apple” begitu hebat, sebenarnya tidak saja karena teknologi produk yang mereka ciptakan itu bagus, namun mereka mampu memposisikan teknologi mereka dengan aspek Manusia. Nike memberikan atensi utama kepada “Great Athletes & Athletics” sedangkan Apple memberikan atensi utama kepada “Game Changers: Those Who Believe able to change the World” – Think Different. Dengan mengintegrasikan kedua aspek teknologi dan manusia maka hasil luar biasa dan sustainable muncul.

Lesson Learnt for Me:

Jangan gaptek, gaul sama teknologi dengan perubahan-perubahannnya. Jangan malas baca, ikuti dan pahami hal-hal yang esensial. Kalau belum bisa belajar, jangan parno sama teknologi.

Kenali esensi dasar dari sebuah gadget/teknologi, kaitkan dengan bagaimana teknologi ini bisa membantu masalah manusia yang sedang terjadi. Mulai dari hal kecil untuk mempraktekkannya. Liat bagaimana gojek memulai usahanya; liat bagaimana berbagai laman web sudah mudah menjadi lapak dagang yang mempertemukan antara demand dan supply. Maka muncullah pasar dan terjadilah perputaran ekonomi, maka terjadilah pertumbuhan dan perubahan positif.

Jangan hanya jadi penonton perubahan; ikutlah bermain dan pelaku perubahan. Experience is the past; Experiment is today; Expectation is tomorrow. Belajar dan berekperimen dengan berharap masa depan menjadi lebih baik. It is Possible my Friend.

What U can do/contribute right now:

Brobah.com bekerja sama dengan Roy Amboro dari Proaktif Insani Mulia, secara rutin akan menghadirkan content Leadership Todays. Sebuah artikel singkat untuk memunculkan Potensi Kekuatan Unik di setiap insani dalam menghadapi berbagai tantangan hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.